Besut Startup di 2019 dengan 4 Tips yang Bakal Membantumu di Sepanjang Jalan


Published 13 Feb 2019 6:09

TheNextDev.id – Pertama kalinya dalam sejarah, startup yang awalnya diremehkan karena memiliki modal yang relatif kecil justru mendapatkan laba yang lebih besar. Nggak ada waktu yang lebih baik untuk memulai bisnismu sendiri, yang dibutuhkan adalah paparan, pola pikir dan ide yang tepat. Walau startupmu nantinya berakhir dengan hasil yang jauh dari harapan, bahkan kegagalan pun masih mengesankan daftar resume-mu.

Kamu memiliki banyak alasan untuk mencoba dan menjadi sesuatu yang besar di tahun mendatang, jadi bersiap-siaplah dengan beberapa tips yang akan membantumu di sepanjang jalan.

Bikin Startupmu Dikenal

Bukan sekadar memperkenalkan brand atau nama startup, tapi lebih pada pribadimu. Orang-orang perlu tahu profilmu yang kreatif dan dewasa, serta ingin memberikan social impact bagi lingkungan sekitarmu. Manfaatkan platform media sosial besar seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau mungkin Medium maupun komunitas Reddit. Setelah menjadi nama yang cukup populer, kamu siap untuk langkah selanjutnya.

Mulai Startupmu

Sebaiknya, mulai dengan sejumlah uang sebelum dapat melakukannya. Jadi jika benar-benar dalam kondisi kesulitan uang, jadikan tahun 2019 ini untuk menemukan pekerjaan dan memiliki posisi keuangan yang lebih stabil ketimbang membuka bisnis.

Sebaliknya, jika keuangan relatif baik, maju dan pikirkan nama untuk startup yang dilanjutkan dengan mendapatkan hak cipta. Ini bukan proses yang terlalu mahal maupun rumit dan bisa jadi awal untuk hal-hal nyata berikutnya.

Tetap Belajar Setiap Saat

Sebagai CEO dari sebuah startup, kamu harus cepat menguasai hal-hal yang harus dilakukan, sekaligus menjaga kualitas produk maupun jasa yang dihasilkan setinggi mungkin. Selain itu, ketahui juga seluk beluk bisnis dan taktik pemasaran terbaik, yang artinya harus terus-menerus belajar dari yang terbaik.

Untungnya ada banyak sumber yang bersedia mengajarimu, mulai dari kursus online yang dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan, podcast, video, hingga tutorial gratis yang menjelaskan bagaimana bisnis dan pemasaran bekerja. Bukan hanya memperkuat kemampuan bisnismu, tapi juga mendorongmu memiliki pola pikir sebagai pemimpin dari orang-orang yang bekerja membantumu mewujudkan misi dan visi.

Mencari Relawan

Jika akan menjual ide pada investor, seharusnya sudah bisa menjualnya pada kebanyakan orang. Mereka menginvestasikan banyak uang dengan harapan suatu hari nanti upaya dan kreativitasmu membuahkan hasil dan memberikannya keuntungan. Yakinkan mereka pada ide dan caramu untuk membuat semuanya berhasil

Untuk melatih skill ini, cari orang yang bersedia melakukan pekerjaan secara sukarela, ketimbang memposting lowongan pekerjaan berbayar. Yakinkan mereka ada masa depan yang cerah di startup besutanmu. Walau belum bisa memberikan gaji saat ini karena keterbatasan modal, tapi upaya yang mereka berikan akan terbayar di masa yang akan datang. Tapi pastikan mereka telah memahami bahwa nggak ada jaminan startup buatanmu akan berhasil, agar terhindar dari gagasan yang salah tentang bisnismu.

Siap beranikan diri melangkah dan membesut startup impianmu? Ini saatnya!