Ranah Startup Kecantikan Lagi Booming, Ikuti Jejak Keberhasilan HelloBeauty


Published 15 Feb 2019 6:06

TheNextDev.id – Ada begitu banyak startup yang tengah bermunculan di berbagai ranah bisnis. Selain fintech dan pendidikan, para developer muda menyorot lahan kecantikan untuk memulai bisnis pertamanya. Pertumbuhan yang pesat ditunjang besarnya pasar yang membutuhkan produk kosmetik, layanan spa maupun salon kecantikan hingga penata rias.

Salah satu startup yang baru saja menyabet gelar Best of The Best The NextDev 2018 adalah HelloBeauty. Dibesut Dennish Tjandra dan Pradana Syaksa, startup ini hadir sebagai marketplace yang menghubungan makeup artist dan konsumen yang membutuhkan. Punya ide, passion, dan ingin mengikuti keberhasilan HelloBeauty sebagai salah satu startup di bidang kecantikan? Ada beberapa tips yang bisa dicoba seperti berikut ini.

Memiliki Rencana

Have a plan is a must! Rencana yang terperinci akan membantu mengatasi tantangan dan mengidentifikasi peluang alternatif yang ada di sepanjang perjalanan. Ini juga membantu untuk mengingatkan tentang tujuan dan melihat seberapa banyak yang sudah diraih. Pastikan juga business plan yang sudah dibuat cukup fleksibel untuk melakukan pivot saat diperlukan.

Terus Belajar

Tren kecantikan selalu berubah setiap saat. Mau nggak mau kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar sebanyak mungkin tentang peluang pasar, pesaing, teknologi, hingga apa yang relevan dengan industri kecantikan.

Nggak harus menempuh jalur pendidikan khusus, bisa juga belajar dari orang lain yang memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman yang akan membantu mengembangkan startup-mu. Bukan hanya soal mempertahankan eksistensinya saja, tapi kamu juga perlu memahami perlunya persetujuan, izin, hingga spreadsheet.

Membangun Pasar

Mampu mengembangkan produk berkualitas tinggi tapi nggak laku di pasaran? Bisa jadi mimpi buruk buat startupmu.

Produk memang harus punya kualitas tinggi, aman, dan diandalkan, tapi pastikan dapat menjawab kebutuhan pasar. Inilah yang akan membantumu membuat produk atau layanan yang berbeda dari startup lain dan membangun identitas yang unik. Selain mampu menarik user, nggak menutup kemungkinan pemasaran gratis yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Fokus pada Kualitas

Ketika merintis startup dari awal, dibutuhkan lebih banyak waktu, energi, dan sumber daya. Jangan terburu-buru untuk memulasi bisnismu, tapi luangkan waktu yang cukup untuk mengasah kreativitas dan menambahkan sentuhan personal yang membuat startupmu berbeda dengan yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk mempekerjakan orang yang tepat. Tim menjadi inti dari startup yang akan menjadi salah satu penentu keberhasilan startup. Pastikan memiliki orang-orang yang nantinya bertanggungjawab mengurus TI, logistik, keuangan, dan digital sejak awal.

Percaya pada Produkmu

Untuk mencetak keberhasilan maka kamu harus mempercayai produk maupun layanan yang ditawarkan oleh startup. Bersabarlah dan tetap fokus untuk membuat orang-orang menyadari namamu dan mulai menyukainya. Untungnya, di bidang kecantikan, tak harus punya modal besar cukup dengan teknik pemasaran dari mulut ke mulut sebagai kunci meraih kesuksesan.

Ingin terjun di bidang kecantikan dengan merintis startup? Ini saat yang tepat untuk memulainya dengan beberapa tips jitu yang diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnismu.