Tak Hanya Superhero, Kekuatan Super ini Hantar Founder Raih Sukses


Published 17 Feb 2019 6:05

TheNextDev.id – Lebih dari satu dekade ini, kita dihibur oleh beragam film yang menampilkan tokoh-tokoh superhero dengan kemampuan terbang di atas awan, membaca pikiran musuh, hingga menyelamatkan orang-orang yang berada dalam bahaya. Tapi sebagian besar merupakan peningkatan kemampuan yang dimiliki.

Dalam bisnis, skill ini didapat dengan belajar bertahun-tahun dan disiplin menghadapi berbagai tantangan. Sebagai founder, kamu pun memiliki kekuatan super untuk mengelola startup, menjaring investor, dan mengatasi berbagai kesulitan, seperti berikut ini.

Mastermind Planning

Entrepreneur fenomenal Elon Musk memiliki kemampuan luar biasa untuk menciptakan gaya manajemen sinergis di perusahaannya. Tapi pencapaian ini membutuhkan pendekatan yang nggak konvensional, seperti peer brainstorming, menyelami pikiran secara mendalam, dan umpan balik yang brutal tanpa melupakan rasa hormat.

Kamu juga bisa melatihnya dengan menggunakan teknik Pomodoro. Mulai dengan mengerjakan tugas penting untuk interval 25 menit, lalu istirahat sebentar di antaranya dan lanjutkan sampai tugas selesai. Catat total durasi tugas. Tim dapat meningkatkan estimasi kerjanya dan mengurangi gangguan sambil menyesuaikan jadwalnya untuk mencapai target yang ditentukan.

Resistensi pada Stres

Founder startup yang sukses belajar mengatasi konflik dan meresponnya dengan tingkat sumber daya yang proporsional. Bukannya menutupi emosi, tapi justru menjadi semakin baik dalam mengambil keputusan dan bertindak. Selain itu, mereka mau mengakui jika nggak memiliki semua jawaban sehingga membutuhkan bantuan.

Kekuatan ini bisa dilatih, kok. Pada saat yang menegangkan menjauh dari meja, tutup mata, lalu tarik nafas dalam-dalam sebelum berbicara dengan siapa pun atau menanggapi email. Tim pun juga bisa ambil bagian dengan menjalani latihan simulasi hingga dapat menyelesaikan masalah kritis tanpa gangguan emosi.

Memprediksi Pasar

Jangan sekadar melihat ke belakang, kamu perlu pandangan ke depan untuk mempertahankan eksistensi startup. Untuk mendapatkan kemampuan ini, pahami bagaimana faktor-faktor tertentu memicu respon konsumen. Gunakan teknik-teknik canggih seperti segmentasi prediktif dan kampanye pemasaran atau fokus pada pesan yang dipersonalisasi sehingga mampu memikat lebih banyak user aktif.

Moral Leadership

Startup yang dikenal memiliki tingkat moral yang baik lebih cepat menarik pasar. Mulai dari mencegah diskriminasi hingga go green, upaya ini membutuhkan tujuan yang diselaraskan dengan visi, kebijakan yang jelas, dan disiplin mengikuti standar kualitas layanan yang tinggi.

Cara mendapatkannya, tuliskan prinsip-prinsip yang paling mewakili perusahaanmu. Kolaborasikan dengan cofounder dan staf untuk memasukkannya ke dalam pernyataan misi startup, uraian pekerjaan, evaluasi karyawan, dan semua komunikasi internal dan eksternal.

Kecepatan Super

Startup yang cekatan menghabiskan waktu dan sumber daya dengan lebih efisien. Upaya ini membutuhkan kemampuan untuk mengantisipasi kebutuhan pasar dengan cepat, menghasilkan konsep, dan menentukan kesesuaian produk untuk pasar. Mulailah dengan belajar memilah tugas yang diprioritaskan, membuat rapat harian 15 menit, hingga membuat alur kerja yang lebih efektif.

Tak harus jadi super pintar atau kuat dalam mengelola startup, cukup latih kemampuan ini untuk membantumu mengembangkan bisnis.