Cara Membuat Pitch Deck yang Dapat Menarik Investor


Published 28 Jul 2020 16:42

Suatu bisnis tentu membutuhkan investasi. Salah satu faktor kesuksesan bisnis adalah kemampuan memikat investor untuk menanamkan modal. Untuk mendapatkan investor anda harus mahir membuat pitch deck yang fungsional dan menarik. Pitch Deck tersebut adalah sebuah presentasi singkat yang berbentuk slide tentang informasi/ gambaran tentang sebuah startup. Berikut adalah cara Pitch Deck menarik investor.

  • Menyiapkan file presentasi singkat, tidak perlu membuang waktu untuk membuat pitch deck yang panjang. Idealnya pitch deck terdiri dari 10 hingga 12 slide presentasi. Usahakan slide tersebut perbanyak gambar dibanding text. 
  • Memuat informasi tentang Founder dan tim kerja. Informasi penting ini dapat membuat investor mengenal orang yang terlibat dalam bisnis tersebut. Ingat, tim yang solid adalah kunci kesuksesan perusahaan di masa mendatang.
  • Mencantumkan competitive edge. Pitch deck startup yang bagus & baik harus memiliki gambaran tentang persaingan pada industri yang anda masuki. Pastinya, startup anda juga harus memiliki daya tarik tersendiri untuk menjelaskan mengapa startup kalian lebih baik diantara para pemain yang ada di industri tersebut.
  • Bagian terpenting adalah menjelaskan resiko yang mungkin akan terjadi. Membangun bisnis tentu penuh dengan risiko. Jelaskan kepada para investor risiko apa saja yang bisa terjadi pada bisnis dan sertakan dengan solusi jika resiko itu terjadi.

Itulah gambaran pitch deck baik dan benar. Pada intinya, anda harus membuat slide presentasi yang singkat dan jelas untuk meyakinkan investor untuk mendanai bisnis yang akan dibuat.