Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Industri Startup Indonesia


Published 28 Jul 2020 17:43

Industri startup punya daya tarik tersendiri sebagai tempat untuk memulai karier. Banyak yang menyebut startup dipandang punya budaya perusahaan yang “cair”, dengan hampir tak ada batasan birokrasi antara atasan dan bawahan. Setiap orang bisa lebih terbuka dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Selain mitosnya startup menawarkan gaji yang lebih besar, bekerja di startup juga menjadi nilai baru yang cukup bergengsi. Tapi, profesi seperti apa yang banyak dicari oleh perusahaan jenis ini?

Meski setiap perusahaan pasti memiliki kebutuhan sumber daya yang berbeda, ada beberapa profesi yang cukup umum. Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang banyak dicari di perusahaan startup.

1.UX (User Experience) Researcher

Seorang UX atau User Experience Researcher tidak memerlukan kemampuan dalam coding. Kemampuan yang paling dibutuhkan oleh profesi satu ini adalah melakukan riset keinginan user atau pengguna. Anda akan bertugas membangun startup sesuai dengan keinginan dari para pengguna. Untuk dapat menjadi salah satunya memerlukan kemampuan riset yang baik, kemampuan wawancara pengguna dan mendapatkan pandangan yang dibutuhkan, dan pengalaman dalam mengumpulkan serta memproses data kualitatif dan kuantitatif.

2.Product Manager

Jenis pekerjaan ini menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak dicari di startup. Bila diibaratkan posisi Product Manager ini seperti CEO mini dalam produk yang mereka buat.Product Manager lah yang menjadi otak atau pelaksana berbagai macam produk perusahaan, terutama bila produk itu berbentuk teknologi. Setidaknya keahlian yang dibutuhkan oleh Product Manager yakni coding, menganalisis serta memiliki jiwa kepemimpinan.

3.Digital Marketing

Posisi ini memang banyak dibuka, namun banyak juga pelamarnya. Untuk membuat anda menonjol di antara para pelamar serupa, anda perlu mengetahui bahwa digital marketer di perusahaan startup harus memiliki kemampuan teknis, dapat membuat konten, dan mengerti SEO.

4.Data Analyst

Profesi Data Analyst ini sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan mengumpulkan, menganalisis data dan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Beberapa skill yang dibutuhkan oleh Data Analyst seperti Matematika, bahasa pemrograman, menganalisis dan menginterpretasi data.

Tak ada salahnya bila anda memiliki keahlian di atas, bisa mencoba melamar untuk posisi Data Analyst di perusahaan startup.  Jika anda sangat ingin bekerja di startup, menguasai beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh beberapa profesi di atas mungkin akan sangat diperlukan. Hal ini akan membantumu memiliki peluang lebih banyak dan lebih besar.