Mengenal 5G


Published 28 Jul 2020 16:20

Dunia yang begitu cepat memaksa koneksi internet juga cepat. Sekarang tidak hanya hitungan satuan mega tetapi sudah giga. Dengan ini negara-negara harus sudah menerapkan 5G di wilayah mereka. Jaringan 5G atau fifth generation teknologi terbaru yang melebihi standar 4G. Jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari generasi sebelumnya. 

Pengembangan jaringan 5G di dunia sendiri sudah dimulai pada tahun 2008. Negara yang sudah memakai 5G antara lain Qatar, AS, China, Korea Selatan, Swiss, Inggris, Australia, Kuwait dan Filipina. Untuk sementara ini Indonesia masih harus puas dulu dengan jaringan 4G, yang diperkirakan oleh ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) jaringan generasi 5G akan masuk ke Indonesia 2022.

Meskipun operator seluler Indonesia sudah mengadakan uji coba jaringan dari tahun 2017. Berbicara tentang jaringan 5G di Indonesia, tentunya anda harus mengacu pada perangkatnya terlebih dahulu, yakni handphone. Jika handphone sudah dapat mengakses 5G, maka tinggal menunggu jaringan ini mengudara di Indonesia. Seberapa tertarik Anda pada 5G?