Mengenal Perusahaan Fintech Dan Perkembangan Inovasi Keuangan Masa Kini


Published 28 Jul 2020 17:52

Saat ini teknologi dalam bidang ekonomi dan pendanaan semakin meningkat. Zaman dahulu, orang bertransaksi secara langsung, memakan waktu dan tenaga. Berkat pengembangan teknologi, berbagai aktivitas finansial dapat dilakukan dengan mudah dan praktis sehingga menghemat waktu dan tenaga. Mulai dari transaksi melalui smartphone, membayar dengan e-money, bahkan hingga melakukan investasi.semuanya kini dapat dilakukan secara mudah, mungkin anda tidak menyadarinya tapi fintech adalah bagian dari hal-hal tersebut. 

Namun, apa sih yang dimaksud dengan Fintech? Fintech adalah singkatan dari financial technology, yaitu penggabungan antara teknologi dan sistem finansial. Menurut NDRC ( National Digital Research Center) fintech merujuk pada inovasi dalam bidang jasa finansial atau inovasi finansial yang diberikan sentuhan teknologi modern. Berkat adanya pemanfaatan teknologi yang digabung dengan sistem finansial, fintech berhasil memberikan banyak manfaat di berbagai lingkup kehidupan. Berikut adalah manfaat fintech :

1.Membantu UMKM mendapatkan modal dengan bunga yang rendah 

Saat ini sudah banyak fintech Indonesia yang sudah menawarkan pinjaman kepada UMKM dengan bunga relatif rendah apabila dibandingkan dengan bunga bank. Sistem ini disebut juga peer-to-peer lending yaitu sebuah praktik yang berbasis online platform yang mempertemukan pelaku UMKM yang membutuhkan dana dengan orang yang bersedia investasi kepada mereka.

2.Mendukung Inklusi Keuangan

Pemerintah Indonesia menargetkan 75% inklusi keuangan, namun saat ini hanya 49%. Oleh sebab itu pemerintah Indonesia menyusun kebijakan inklusi untuk masyarakat yang tinggal di desa terpencil. Fintech adalah alternatif solusi untuk mencapai target inklusi keuangan. Karena fintech berbasis online, sehingga mudah diakses selama siapapun yang mempunyai jaringan internet. 

3.Kemudahan Pelayanan Finansial 

Salah satu yang ditawarkan fintech adalah kemudahan layanan finansial, mungkin manfaat ini yang paling terasa. Anda juga mendapatkan pelayanan finansial meliputi proses pembayaran, pinjaman uang, transfer ataupun jual beli saham dengan cara mudah dan aman. 

Keberadaan fintech adalah bukti bahwa teknologi mampu memberi kemudahan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai aktivitas finansial, baik itu transaksi hingga investasi. Mengingat jumlah pengguna fintech tinggi, bukan tidak mungkin di masa depan akan ada inovasi yang akan muncul.