Peran UX Researcher dalam Pengembangan Produk


Published 28 Jul 2020 17:56

Seiring perkembangan dunia digital dan bisnis startup yang kian menjamur di Indonesia, UX Researcher kini jadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan industri. Menurut data dari World Bank yang dikutip Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indonesia butuh sekitar 600.000 talenta digital di tahun 2020. Sayangnya, ketersediaan talenta yang ada masih minim. Salah satu alasannya adalah kurikulum pendidikan belum memenuhi kebutuhan industri. 

Bila anda berminat meniti karier sebagai UX Researcher, anda tentu butuh “bekal” yang cukup. Beberapa pelajaran yang harus anda perhatikan antara lain:

1.Keahlian dalam Berkomunikasi 

UX Researcher akan  bersinggungan dengan berbagai stakeholder, mulai dari analis data, desainer, tim marketing, hingga pengguna. Maka harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik.

2.Mengerti Proses Design Thinking 

Design thinking adalah proses di mana anda menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat menjadi solusi bagi masalah yang dimiliki pengguna. Sebagai UX Researcher, penting bagi anda untuk mengerti proses ini guna menghasilkan produk yang dapat dibutuhkan pengguna.

3.Pengetahuan Umum Tentang Software Development

UX Researcher diharapkan memiliki pengetahuan umum tentang tahapan pengembangan produk. Mereka harus mengetahui tanggung jawab, kegiatan dan interaksi dalam proses yang terjadi dalam tim.

4.Mampu Mengolah Data dan Menganalisis

Hasil penelitian dan analisis dari seorang UX Researcher kemudiannya akan diterapkan ke dalam suatu produk yang akan disajikan kepada pengguna. Itulah kenapa seorang UX Researcher harus mampu menganalisis dan mengolah data dengan baik.

 5. Mampu Menciptakan Strategi Berdasarkan Hasil Riset

Bukan hanya sekadar riset dan menganalisis, seorang UX Researcher juga perlu mampu menciptakan strategi yang tepat berdasarkan hasil riset tersebut.

6.Mampu Melakukan Presentasi Mengenai Hasil Olahan Data

Skill lainnya yang dibutuhkan UX Researcher adalah juga harus bisa mempresentasikan hasil data yang sudah kamu olah kepada tim yang bersangkutan. Misalnya saja seperti tim desain, produk dan developer dengan cara yang terorganisir.

Sekarang anda sudah tahu apa saja pekerjaan UX Researcher dan skill yang dibutuhkan untuk bisa menjadi sukses di bidang tersebut. Jadi mulailah untuk terus mengasah kemampuan anda.