Soft Skill Yang Harus Dimiliki Dalam Berkarir


Published 28 Jul 2020 17:59

Kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang sangat berbeda-beda baik itu berupa soft skill maupun hard skill. Baik itu dari level karyawan ataupun staff hingga ke jajaran direksi  penting untuk memiliki soft skill. 

Soft skill sering menjadi bahan pertimbangan bagi setiap perusahaan dalam merekrut karyawan. Mengapa?Alasannya karena dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan suatu keahlian yang bisa membantu mempermudah dan mempercepat kita dalam menyelesaikan sesuatu. Hal ini yang dinamakan dengan kemampuan personal atau softskill. Berikut adalah soft skill yang harus dimiliki

1.Mempunyai Banyak Relasi

Anda bisa mempunyai banyak teman dan channel atau relasi dengan memiliki soft skill yang baik. Dengan mempunyai banyak relasi, anda akan mudah dalam meminta bantuan untuk mengembangkan bisnis dan usaha.

2.Mengembangkan Otak Kanan

Dengan soft skill, anda bisa lebih mengembangkan otak kanan, untuk mengelola emosi dan bisa membuat anda berpikir kreatif dan inovatif dalam bekerja.

3.Etika Terhadap Sesama Pekerja dan Terbuka dengan Keberagaman

Untuk poin ini penting dimiliki oleh pekerja. Setiap pekerja harus memiliki etika yang baik terhadap sesama pekerja maupun atasan. Pasalnya, dunia kerja adalah tempat yang sangat beragam dan penuh dengan berbagai macam karakter orang.

4.Kerja Tim

Kalau anda lebih memilih atau ingin untuk bekerja sendiri, maka akan sulit untuk bisa diterima dalam suatu perusahaan. Hal ini karena salah satu tanggung jawab paling besar dalam mengenyam sebuah pekerjaan adalah untuk bekerja sama dengan baik dengan karyawan lainnya. Jadi, kerja tim atau teamwork ini merupakan salah satu soft skill paling penting yang harus kamu miliki saat bekerja.

5.Berpikir Kritis

Soft skill lainnya yang harus anda miliki adalah kemampuan berpikir kritis. Apapun bidang pekerjaan yang anda jalani, diwajibkan untuk mampu menganalisis situasi dan mengambil keputusan dengan tepat, supaya masalah bisa cepat selesai.

Soft skill adalah kemampuan yang tidak bisa dipelajari dalam dunia akademisi secara eksplisit. Sehingga harus dibangun dari pribadi masing-masing dengan kematangan cara berpikir. Oleh karenanya soft skill itu penting dan selalu dibutuhkan dalam dunia kerja.