Strategi SEO untuk Para Pemula


Published 28 Jul 2020 17:02

Saat ini bisnis dengan strategi digital berkembang pesat. Salah satunya adalah dengan membuat website untuk mempromosikannya. Namun, untuk berhasil anda tidak bisa  melakukannya secara sembarangan. Perlu strategi SEO yang tepat. SEO atau Search Engine Optimization  adalah usaha untuk memaksimalkan website agar mendapat peringkat yang lebih baik dalam mesin pencarian. Jika anda baru mulai untuk menerapkan teknik SEO untuk mengoptimalkan website anda, perhatikan strategi SEO untuk pemula. 

1.Riset Keyword

Hal pertama yang anda lakukan adalah perencanaan yang akan anda lakukan untuk website anda. Kemudian, selanjutnya adalah apa yang orang cari saat mengetik keyword tersebut pada Google. Anda dapat melakukan riset keyword dengan menggunakan Google Adwords yaitu keyword tools. Layanan tersebut disediakan oleh google secara gratis. Setelahnya, anda mencoba googling keyword tersebut dan lihat hasilnya.

2.Domain Berisi Keyword

Dengan memasukan keyword di dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang akan dibuat. Trik ini akan sangat membantu dan menjadi rekomendasi untuk anda coba.

3.Membuat Konten Berkualitas

Jangan lupa juga menyiapkan konten berkualitas untuk pembaca website anda. Sebaiknya anda melakukan update website dengan konten yang original dan menarik, agar pembaca anda terus tidak bosan. Tentunya konten tersebut harus bermanfaat dan mengandung keyword SEO.

4.Mencantumkan Link

Setelah itu jangan lupa memasukan internal link dan eksternal link. Internal link akan membantu untuk engagement pengguna. Sedangkan eksternal link dapat membantu untuk memperkuat isi artikel anda dengan mencantumkan sumber penulisan artikel. Eksternal link yang berkualitas akan mempengaruhi poin relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Dengan begini maka SEO pada website akan mendapatkan nilai positif dari Google.

Melalui strategi diatas anda akan meningkatkan traffic website. Perlu diingat hasil SEO bukan sesuatu yang instan. Anda harus terus memancing traffic pada website.