Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dan Belajar Secara Online


Published 28 Jul 2020 17:04

Bekerja dan belajar di rumah menjadi kebiasaan baru yang sedang berjalan saat ini. Memang ada beberapa perusahaan yang sudah memberlakukan secara permanen karyawannya dapat bekerja dari mana saja. Untuk itu diperlukan manajemen waktu untuk tetap produktif dan efektif tanpa disertai perasaan cemas takut tidak selesai pekerjaan kantor, karena bekerja atau belajar di rumah membuat kurang produktif dalam menyerap materi. Berikut adalah cara agar tetap produktif,

  • Membuat ruang belajar atau bekerja anda senyaman mungkin. Set tempat yang membuat semangat dan bebas akan rasa malas. Siapkan tempat terpisah yang akan membantu anda tetap produktif saat online. Meja rapi, lampu yang cukup menerangi dan kursi yang nyaman.
  • Harus disiplin dengan diri sendiri. Jangan mudah terdistraksi dengan hal yang jauh dari tujuan. Aturlah waktu belajar atau bekerja dengan teratur, lalu kerjakanlah dengan fokus tugas yang diberikan.
  • Tidak kalah penting adalah menyiapkan teknologi apa saja yang akan dibutuhkan selama online. Ketahui dahulu peralatan apa saja, menyiapkan laptop sesuai spesifikasi dan pastikan jaringan internet dirumah lancar.
  • Bukan hanya dikantor saja, anda dapat berpakaian rapi. Pada saat melakukan kegiatan bekerja dan belajar online di rumah juga harus berpakaian rapi. Memakai pakaian layaknya anda pergi keluar bisa membuat anda termotivasi. Tidak perlu resmi, yang penting rapi, dan jangan lupa mandi dan sikat gigi.

Dengan tips diatas yang bisa anda terapkan di rumah agar menjadi lebih produktif. Tapi jangan cuma mentok niatnya saja. Tanpa aksi, tidak akan bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.