Tips Berjualan Online yang Efektif


Published 28 Jul 2020 16:35

Saat  ini semua terasa mudah melalui online, membeli sayuran, baju, alat-alat berat, apapun dijual melalui online. Tertarik berjualan di online, berikut adalah tips berjualan online yang efektif:

  • Menentukan produk atau jasa yang akan dijual. Khusus anda yang akan memulai usaha, pertama yang dilakukan adalah menentukan dan menghitung biaya produksi untuk produk atau jasa yang akan dijual.
  • Setelah menghitungkan biaya produksi selanjutnya adalah menentukan Harga jual atas produk atau jasa yang akan ditawarkan.
  • Membuat rencana bisnis untuk produk atau jasa tersebut. Rencana bisnis disini target yang anda capai perbulan berapa, lalu berapa lama akan BEP (break event point) alias balik modal.
  • Selanjutnya adalah menentukan dan membuat Platform online mana yang akan digunakan. Beberapa pilihan platform online seperti Media Social, Website Marketplace, Website Online shop, atau membuat Website sendiri.
  • Memanfaatkan WOM (Word of Mouth). Percaya tidak percaya kekuatan apa kata orang sangat berpengaruh. Jika anda mempunyai budget maka tidak ada salahnya mencoba promo lewat selebgram atau micro influencer. Jika budget tidak ada, maka gunakanlah pertemanan anda untuk promosi pada sosial media mereka.
  • Bergabung dalam komunitas Penjual Online. Dengan bergabung dalam komunitas, anda bisa dapat belajar banyak dari pengalaman penjual lain, atau mendapatkan supplier baru.
  • Tahapan dari cara berjualan online terakhir adalah memantau dan mengevaluasi kinerja dari platform yang sudah dipakai. Platform mana yang paling mendatangkan penjualan. lalu jangan lupa inovasi setelah tahu mana platform yang paling banyak menjual.

Selamat mencoba memasarkan produk Anda secara online!