Tips Komunikasi Efektif


Published 28 Jul 2020 18:08

Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam hidup, termasuk dalam bisnis. Kemampuan berkomunikasi yang baik membuat kita lebih lancar melakukan berbagai hal. Perselisihan di tempat kerja, rapat dengan petinggi perusahaan, pertemuan dengan klien, dan masalah-masalah lainnya dapat diselesaikan dengan strategi komunikasi yang tepat sasaran. Berikut ini adalah cara untuk melakukan komunikasi efektif dalam bisnis:

1.Belajar untuk Menguasai Komunikasi Nonverbal

Untuk menguasai komunikasi nonverbal, sehingga orang-orang yang berkomunikasi dengan anda merasa nyaman. Selain itu, berkomunikasi dengan jelas dan percaya diri memang hanya bisa didapatkan ketika kita menggunakan bahasa tubuh yang tepat. Contohnya, menghindari postur tubuh yang membungkuk, menundukkan pandangan, tidak memiliki kontak mata yang konsisten, menguap ketika mendengarkan, dan lain sebagainya. Komunikasi nonverbal yang baik akan membawa kita pada komunikasi efektif.

2.Memberi Penjelasan Lebih ketika Menyampaikan Ide Baru.

Menyampaikan ide-ide baru ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus tahu bagaimana setiap orang memiliki daya serap berpikir yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa memukul rata semua orang akan langsung memahami apa yang disampaikan pada penjelasan awal. Untuk meraih komunikasi yang jelas, anda perlu memberikan penjelasan yang lebih ketika menyampaikan ide, terutama ide-ide baru.

3.Menerapkan Pendekatan PIP (Purpose, Importance, Preview).

Pendekatan Purpose, Importance, Preview (PIP) atau tujuan, kepentingan, pratinjau, ini adalah pendekatan yang sangat direkomendasikan yang digunakan di McKinsey. Pendekatan ini bertujuan untuk memberi perkenalan pada presentasi dengan menyatakan apa tujuan presentasi, menyampaikan mengapa presentasi yang akan dibagikan sangatlah penting, dan yang terakhir dengan meninjau implikasi dan kemungkinan hasil yang akan didapatkan.

4.Meminta Feedback yang Jujur.

Feedback bukan hanya perlu diberikan ketika penilaian kinerja. Namun untuk meraih komunikasi efektif, kita juga perlu meminta feedback atau umpan balik dari orang lain. Dalam hal ini, pemimpin bisa meminta feedback atau umpan balik dari rekan-rekan kerjanya seperti CEO, manajer, rekan kerja sebaya, bahkan memintanya dari para anggota tim.

Intinya, berkomunikasi secara jelas akan menghasilkan komunikasi yang efektif. Dan keterampilan untuk menciptakan komunikasi efektif ini perlu dimiliki. Tujuannya agar semua kerja keras yang dilakukan bersama dapat menuju satu arah tujuan yang jelas