Tips Menemukan Karyawan Potensial di Startup


Published 28 Jul 2020 17:12

Perkembangan startup atau perusahaan rintisan saat ini sangatlah pesat. Bersama dengan itu tantangannya juga sangat besar. Perlu team yang tidak hanya kompak melainkan kreatif dalam bidangnya masing-masing untuk mampu menghadapi tantangan. Namun untuk mendapatkan team yang terbaik juga merupakan tantangan tersendiri. Sebagai perusahaan rintisan, artinya belum mempunyai daya tarik bagi mereka kandidat hebat yang condong memilih perusahaan mapan. Berikut adalah strategi menemukan karyawan potensial.

  • Membuat program internship. Dengan internship memungkinkan startup melihat calon potensial sebelum ia berkomitmen secara penuh terhadap perusahaan.
  • Dengan melakukan employer branding, yaitu sebuah gambaran situasi akan kondisi pekerjaan kepada para calon karyawan. Hal ini bisa dilakukan karena perusahaan harus mampu mempromosikan diri sehingga calon karyawan memiliki keyakinan untuk menjadi bagian dari team.
  • Sistem rekrutmen referral juga menjadi cara internal dalam menemukan karyawan berbakat berdasarkan referensi. Rekrutmen dengan sistem referensi ini merupakan salah satu strategi inovatif yang bisa lebih hemat. Studi menunjukan karyawan dengan sistem ini akan lebih mudah beradaptasi dalam lingkungan baru.
  • Di era serba digital dan media sosial seperti saat ini, profesi seorang content writer di perusahaan menjadi bagian penting untuk memberikan informasi menarik kepada masyarakat luas. Peran ini juga bisa dimanfaatkan sebagai upaya dalam proses rekrutmen karyawan. Artikel pendek tentang banyak hal bisa ditulis dan di-share melalui media sosial atau blog perusahaan agar bisa terjalin interaksi melalui fitur reply.

Pada akhirnya, membangun sebuah startup tidak hanya tentang menciptakan solusi untuk berbagai masalah, tetapi juga mengajak orang-orang dengan nilai, gagasan dan visi yang sama untuk bekerja demi mencapai tujuan bersama. Maka temukanlah calon karyawan anda dengan tepat.