Tips Meningkatkan User Engagement pada Website


Published 28 Jul 2020 17:15

Di era digital saat ini, penjualan suatu produk menjadi persaingan yang ketat bagi perusahaan. Meningkatkan user engagement pada sebuah situs website menjadi salah satu indikator penting untuk menentukan peringkat dalam mesin pencari. Memancing reaksi pengunjung juga merupakan langkah penting dalam proses konversi. Oleh sebab itu, mengelola user engagement adalah salah satu tugas besar perusahaan saat ini, berikut adalah cara meningkatkan user engagement pada website 

1.Mendengarkan Audiens

Dalam menjual sebuah produk atau jasa, jangan pernah mengabaikan keinginan konsumen. Jadi, pastikan anda selalu peka terhadap respon audiens. Semakin banyak anda memahami keinginan dan saran dari konsumen, anda dapat belajar mengolah kembali mana yang harus dibenahi atau yang sudah baik barang yang anda jual. 

2.Menggunakan Design Layout yang Tidak Berlebihan

Coba bayangkan anda konsumen yang sedang membuka website, tentu anda tidak nyaman jika website berantakan, seperti banner yang tersusun dimana-mana. Untuk menghindari hal ini pengelola website harus menjaga website tetap seimbang dan menarik. Layout yang simpel akan mempertajam fokus terhadap elemen yang berada di website.

3.Membagikan Pengetahuan Terhadap Pengunjung Website

Tidak ada salahnya perusahaan memberikan tambahan pengetahuan terhadap konsumen. Semakin banyak pengetahuan yang dibagikan kepada konsumen, semakin banyak hal positif,seperti salah satu komunitas online mengatakan bahwa semakin banyak yang berkunjung ke website jika yang dibagikan adalah pengetahuan. 

4.Memberikan Rewards 

Sesekali tidak salahnya membuat konsumen setia bahagia, salah satu caranya adalah memberikan mereka rewards atau gift. Mulailah dengan hal yang simpel seperti penggunaan leaderboard dan badge.Cara tersebut dapat memancing penggunaan lebih aktif terhadap website, anda dapat memberikan voucher kepada konsumen yang dapat masuk kedalam leaderboard atau memiliki badge.


Pastikan anda telah menerapkan strategi terbaik untuk meningkatkan user engagement. Jangan takut mencoba dengan berbagai eksperimen untuk menemukan strategi yang bagus untuk bisnis anda.