Tips Sukses Mengembangkan Online Shop


Published 28 Jul 2020 18:13

Dalam dunia eCommerce saat ini, ada puluhan cara untuk bisa menjadi terkenal. Sementara beberapa bisnis berfokus pada produk yang dijual, sedangkan beberapa berfokus pada metode pemasaran yang ingin digunakan. Tidak ada yang salah dari kedua hal tersebut. Keduanya akan saling melengkapi satu sama lain.

Inilah tips mengembangkan e-commerce yang dapat membantu merevolusi strategi Anda :

1.Berpikirlah Seperti Pelanggan

Salah satu tips mengembangkan eCommerce adalah dengan berpikir seperti pelanggan Anda sendiri. Katie Melissa adalah salah pakar e-commerce dunia mengatakan bahwa Anda perlu melatih diri untuk berpikir seperti konsumen karena tidak masalah apakah Anda menyukainya atau tidak, tapi menjadi masalah apabila produk Anda tidak disukai calon konsumen. Pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi keinginan dari calon konsumen.

2.Aktiflah dalam Menggunakan Email dan Media Sosial Anda

Tipsnya untuk pengusaha e-commerce adalah penargetan silang melalui Facebook dan email. Bila Anda dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen melalui kedua media tersebut, Anda berkesempatan memiliki rasio konversi yang lebih tinggi karena target audiens biasanya sudah lebih terarah.

3.Learning by Doing

Banyak pengusaha pemula berpikir terlalu banyak sebelum mereka benar-benar memulai. Kegagalan menciptakan kesempatan untuk belajar, dan setiap kegagalan adalah langkah maju.

4.Gunakan dan Maksimalkan Pendekatan Funnel

Bahwa penting bagi pengusaha eCommerce untuk melakukan pendekatan funnel, yang berarti Anda perlu mengetahui siapa pelanggan Anda, memetakan corong Anda, dan terus memunculkan iklan kepada mereka.

5.Memetakan Perjalanan/Perilaku Pelanggan

Anda harus memetakan perjalanan pelanggan dari saat pertama kali mereka  melihat produk hingga sampai ke email yang mereka dapatkan setelah mereka menyelesaikan pembelian. Ketahui apa yang mereka suka dari merek Anda, akan sangat penting untuk pengembangan bisnis di masa depan.

Anda perlu mencari tahu apa yang sesuai untuk bisnis Anda, bukan produk lain. Dengan memetakan saluran Anda dan menggunakan alat yang tepat, Anda akan segera menuju sukses sebagai pebisnis e-commerce.