Investasi Aman Bersama Bizhare


Published 18 Apr 2022 11:52

Investasi menjadi salah satu cara ideal untuk mengamankan masa depan. Kita bisa menyimpan sekaligus memperbanyak jumlah uang yang kemudian bisa kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, kita bisa dengan mudah memilih berbagai perusahaan yang menawarkan jasa investasi. Akan tetapi perlu diingat, kita harus cermat dalam memilihnya karena tidak semuanya aman. 

Dikutip dari laman resmi ojk.go.id, Satgas Waspada Investasi (SWI) telah menjaring 20 entitas investasi ilegal. Mulai dari Perusahaan money game, robot trading tanpa izin, serta entitas yang melakukan perdagangan aset kripto. 

Itulah mengapa kita harus memilih perusahaan jasa investasi yang legal dan sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga bila terjadi kasus yang merugikan, kita bisa mengajukan pengaduan ke OJK.  

Nah, Bizhare adalah salah satu platform bisnis yang menjanjikan keamanan bagi para investor. Salah satu startup alumni The NextDev ini telah mengantongi izin OJK, mereka juga sudah mendapatkan sertifikat ISO.

Sertifikasi ISO merupakan bentuk keberhasilan dalam menerapkan manajemen keamanan informasi atau Information Security Management Systems (ISMS). Artinya, Bizhare dinilai sukses dalam menjaga kerahasiaan, integritas, ketersediaan informasi serta mampu mengendalikan risiko keamanan informasi pada perusahaan.

Bizhare juga telah menjalin kerjasama dengan 82 bisnis penerbit ternama seperti Alfamidi, SPBU Pertamina, dan Gerai Indosat Ooredo. Sebagaimana diungkapkan Heinrich Vincent, CEO dan Co-Founder Bizhare, berbagai bisnis penerbit tersebut mempunyai data hystorical yang baik sehingga meminimalisir gagal bayar dari pihak peminjam. 

“Risiko gagal bayar selalu ada, tetapi kami selalu melakukan mitigasi berlapis agar investasi tetap aman,” ucap Vincent. 

Beberapa mitigasi yang disiapkan Bizhare adalah jaminan dan juga giro mundur. Dengan begitu para investor tidak perlu khawatir apabila peminjam gagal bayar. 

Sejak Agustus 2021 Bizhare sudah mendapatkan izin dari OJK mengenai perluasan menjadi securities crowdfunding. Jadi pemilik bisnis tidak hanya dapat menerbitkan saham untuk mendapatkan pendanaan dari investor, tetapi juga bisa melalui instrumen EBUS atau Obligasi dan Sukuk. 

“Kami berharap dengan perluasan izin Bizhare sebagai penyelenggara securities crowdfunding ini, dapat memberikan lebih banyak pilihan instrumen investasi bisnis untuk investor,” terang Vincent.